Makna Proses Belajar Mengajar Dalam Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan istilah proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar sendiri dalam dunia pendidikan memang menjadi aspek yang sangat penting dalam tatanan penyampaian ilmu antara guru kepada murid atau dari dosen kepada mahasiswanya.

Makna Proses Belajar Mengajar Dalam Dunia Pendidikan
Makna Proses Belajar Mengajar Dalam Dunia Pendidikan

Proses belajar mengajar biasanya dilakukan dengan metode pembelajaran yang memberikan upaya – upaya pendekatan tertentu dan proses belajar mengajar juga sangat penting hukumnya untuk mencapai pemahaman maksimal atas sebuah disiplin ilmu dengan menggunakan media belajar yang diperlukan. Dalam kegiatan proses belajar mengajar yang juga menjadi sangat penting adalah harus adanya kegiatan analisa kebutuhan belajar para mahasiswa. Maksudnya dari aspek ini adalah bagaimana cara untuk menganalisa hubungan antara kemampuan dan juga harapan mahasiswa dari proses pembelajaran yang dilakukan. Dan proses belajar mengajar juga sangat penting dalam memberikan gambaran ujian seperti apa yang akan dikenakan nantinya.

Makna Proses Belajar Mengajar Dalam Dunia Pendidikan

Proses belajar mengajar sendiri terdiri dari dua buah kata yang punya arti berbeda akan tetapi saling berhubungan satu dengan lainnya dimana jika terjadi proses belajar maka akan terjadi proses mengajar dan berlaku sebaliknya secara terorganisir.

Menurut Cronbach Sardirman bahwa belajar merupakan sarana penambahan pengalaman dan pengetahuan atas nilai didalam kehidupan. Sementara menurut Harold Spears dikatakan bahwa belajar merupakan sebuah langkah pengamatan, tata laksana dan percobaan atas sesuatu hal sebagai petunjuk dalam mengarungi kehidupan ke depannya. Dengan pengertian tersebut tentu dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku dari melihat, membaca, mendengar, bahkan sampai berada pada tahap kesimpulan yang akan diterima dan diserap otak sebagai informasi  jangka panjang yang dibutuhkan.

Kita pasti sepaham bahwa setiap ada belajar pasti ada mengajar. Dan mengajar sendiri pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk melakukan keberlangsungan proses belajar. Mengajar juga termasuk sebuah kegiatan penyampaian pengetahuan anak didik sehingga nanti akan terbentuk sebuah proses pemahaman bagi peserta didik. Dan pengertian yang lebih luas lagi tentang mengajar yaitu sebuah aktifitas organisasi atau pengaturan lingkungan dengan sebaik – baiknya dan dapat menghubungkan dengan anak sehingga terjadi proses yang namanya belajar sebagai timbal balik atau feed back dari mengajar.

Didalam Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 tahun 2003 pasal 1 dinyatakan bahwa kegiatan belajar mengajar sendiri merupakan sebuah proses interaksi antara pelajar, pengajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.

Semoga informasi diatas tentang Makna Proses Belajar Mengajar Dalam Dunia Pendidikan menjadi informasi yang bermanfaat. Dan selamat menjadi bagian dari pendidikan Indonesia. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/