Selain Mengatur Jumlah Anak dalam Keluarga, Berikut 4 Manfaat Lain Dari KB

Selain Mengatur Jumlah Anak dalam Keluarga, Berikut 4 Manfaat Lain Dari KB

Program Keluarga Berencana (KB) dilaksanakan tidak melulu untuk menunda kehamilan atau memberi batas jumlah anak di dalam suatu keluarga. Lebih dari itu, KB ternyata mempunyai sejumlah guna lain yang begitu menguntungkan.

Melansir dari Liputan6.com, Dokter spesialis obsteri dan ginekologi RS Cipto Mangunkusumo Andon Hestiantoro mengungkapkan ada sejumlah manfaat KB yang dapat didapat ibu selain dapat membantu menunda kehamilan. Apa saja manfaatnya?

Mencegah Gangguan Reproduksi

Melakukan KB dapat membuat semua ibu tahu lebih dalam tentang kesehatan tubuhnya. Dengan mengerjakan KB, ibu dapat mencegah risiko kehamilan terlampau muda atau tua. KB juga dapat mempersiapkan kehamilan yang pas untuknya. Karena apa, kehamilan yang terlampau dekat antara kehamilan satu dengan lainnya ternyata sangat menambah risiko bayi bermunculan prematur.

Menurunkan Risiko Kanker

Menggunakan perangkat kontrasepsi dapat membantu wanita menangkal risiko terpapar kanker indung telur dan ovarium. Di samping itu, ini juga dapat membuat perempuan rutin memeriksakan diri ke bidan atau dokter sehingga dapat dilakukan deteksi risiko kanker semenjak lebih dini.

Menjaga Kesehatan Jiwa

Tidak tidak banyak wanita yang energi tubuhnya dan emosinya terkuras. Karena urusan ini, tidak tidak banyak dari mereka yang rentan merasakan stres sampai depresi. Dengan mengerjakan KB dan kehamilan dapat diatur sebaik mungkin, ini dapat membuat ibu lebih gampang menyetabilkan emosi jiwanya.

Mencegah Risiko Radang Panggul

Masalah yang tidak jarang terjadi pada perempuan selepas berisi dan melahirkan ialah radang panggul. KB dapat mengatur kehamilan. Itu artinya, ini juga dapat mencegah risiko radang panggul sebab kehamilan dapat ditunda atau dibatasi.

Itulah sejumlah manfaat dari KB selain menata jumlah anak dalam keluarga. Saat memilih program KB, pastikan guna memilih program KB sangat tepat ya? Tak melulu istri, KB juga dapat dilakukan oleh suami.

Baca Juga: