Pentingnya Memeriksa Tekanan Darah di Rumah Bagi Penderita Hipertensi

Pentingnya Memeriksa Tekanan Darah di Rumah Bagi Penderita Hipertensi – Hipertensi adalah penyakit yang bisa membunuh secara diam-diam sebab tidak mengindikasikan gejala, sampai-sampai orang yang mempunyai hipertensi tidak menyadari kehancuran yang terjadi pada organ-organ internal penting. Hipertensi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung dan kehancuran organ urgen internal laksana ginjal.

Tidaklah mencengangkan bahwa hipertensi adalahpenyebab nomor satu kematian di semua dunia. Sayangnya, melulu 50 persen orang yang menderita hipertensi menyadari bahwa mereka mengidap penyakit itu dan bahwa serangan jantung serta stroke dapat ditangkal jika hipertensi sudah dideteksi dan diobati tepat waktu.

Berdasarkan keterangan dari data May Measurement Month 2017 yang mengukur desakan darah 72.006 masyarakat Indonesia di 34 provinsi sekitar Mei 2017, mengindikasikan bahwa 1 dari 3 orang dewasa dengan rerata umur 41 tahun merasakan peningkatan desakan darah, dan 1 dari 6 orang telah mengonsumsi obat penurun desakan darah.

Di samping itu, 1 dari 10 orang baru kali kesatu memahami bahwa desakan darahnya di atas normal. Bagi mendeteksi kondisi mula yang dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung, mengadopsi gaya hidup sehat serta pengecekan tekanan darah secara teratur di rumah, bahkan di lokasi kerja sangatlah penting.

Namun untuk masyarakat, pada umumnya pengecekan tekanan darah biasa dilaksanakan hanya saat mereka ke dokter dan urusan ini bisa terjadi hanya sejumlah kali dalam setahun. Karena itu, tidak mencengangkan jika tidak sedikit masyarakat yang terkejut saat memahami mereka mempunyai hipertensi atau desakan darah tinggi baik saat mereka mulai mengecek tekanan darah secara teratur atau tidak merasakan fenomena tekanan darah tinggi. Para dokter dan assosiasi hipertensi ketika ini merekomendasikan mengerjakan pemeriksaan desakan darah secara teratur di lokasi tinggal untuk mengendalikan hipertensi.

Di samping efektivitas, efisiensi dan irit biaya, mengerjakan pemeriksaan desakan darah sendiri di lokasi tinggal secara teratur sangat bermanfaat karena sejumlah alasan. Hal ini bisa memberikan cerminan pola desakan darah sehari-hari dikomparasikan jika desakan darah lebih tinggi saat berada di klinik daripada di lokasi tinggal (karena sindrom white coat), simaklah bagaimana konsumsi obat dan evolusi gaya hidup dapat menyerahkan hasil yang efektif. Bagi sejumlah orang, memakai alat pengukur desakan darah di lokasi tinggal untuk memonitor desakan darah menolong mengendalikan situasi mereka.

Pemeriksaan desakan darah di rumah pun dapat memberikan cerminan tekanan darah secara lebih komprehensif masing-masing hari yang paling berguna untuk dokter dan suster yang mengecek Anda.

Baca Juga: