Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Kesehatan adalah hal nomor satu bagi sebagian orang. Memiliki harta melimpah, kebutuhan serba cukup, seakan menjadi tidak ada artinya jika kesehatan tidak terjaga. Untuk menjaga kesehatan sendiri, ternyata hanya diperlukan kedisiplinan dalam diri. Seperti olahraga yang teratur, menjauhi rokok dan alkohol, dan tentunya mengonsumsi makanan yang syarat akan gizi.

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, pada kenyataannya masih banyak orang yang menyepelekan pola makan dengan mengonsumsi buah setiap hari.

Banyak khasiat yang dapat diambil dari setiap buah. Sebut saja buah belimbing, yang ternyata memiliki banyak manfaat jika bisa mengonsumsinya secara rutin.

Mencegah kanker

Ternyata kandungan flavonoid polifenol yang ada di buah belimbing telah teruji bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan ini akan melawan dan juga membuang efek mutagenik yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang ditemukan di dalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya serat, yang dapat membantu membersihkan racun di dalam usus besar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Setiap hari tubuh membutuhkan asupan vitamin C dengan kadar tertentu. Nah, buah belimbing bisa mencukupi kebutuhkan vitamin C itu. Satu buah belimbing dapat menyumbang 50 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Menjaga stabilitas tekanan darah

Untuk yang memiliki tekanan darah tinggi, tenang, buah belimbing aman dikonsumsi. Justru malah sangat baik untuk penderita hipertensi, karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi rutin dalam bentuk jus. Namun, untuk penderita penyakit ginjal tidak disarankan mengonsumsi buah ini karena dapat memberikan dampak buruk.

Menurunkan berat badan

Kamu yang sedang diet, cocok banget mengonsumsi buah belimbing. Karena buah belimbing minim kalori, dan memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu, jika bisa mengonsumsi belimbing secara rutin, kamu juga dapat mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, sehingga bisa mempercepat penurunan berat badan.

Melancarkan pencernaan

Buah belimbing dikenal memiliki banyak serat. Serat inilah yang dapat merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat mudah dikeluarkan. Serat juga dapat mengeluarkan racun dari usus besar. Ditambah lagi, serat belimbing dipercaya dapat memudahkan usus menyerap nutrisi makanan.

Menyembuhkan masalah kulit

Jika kamu memiliki masalah peradangan kulit, buah belimbing ini bisa menjadi solusi. Kandungan antioksidan flavonoid selain dapat menangkal radikal bebas, juga dapat mengurangi risiko peradangan pada kulit. Selain itu, vitamin C di dalam belimbing juga dapat mengeluarkan racun dari tubuh, dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab.

Baca Juga :