Peringati Bulan Bahasa, SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung Selenggarakan Literasi Bahasa

Peringati Bulan Bahasa, SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung Selenggarakan Literasi Bahasa

Peringati Bulan Bahasa, SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung Selenggarakan Literasi Bahasa

 

Peringati Bulan Bahasa, SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung Selenggarakan Literasi Bahasa

 

Peringati Bulan Bahasa

SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung Selenggerakan literasi bahasa dalam bentuk perlombaan, Rabu, 25 Oktober 2018. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI dengan beraneka macam lomba kebahasaan yang melingkupi tiga bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Sunda dan Inggris. Tujuan digelarnya acara tersebut yakni agar siswa tergugah untuk terus mempelajari bahasa ibu, melestarikan bahasa daerah dan mengenal bahasa internasional.

Dalam kegiatan tersebut

ada beraneka macam mata lomba yang diperlombakan. Di bidang bahasa Indonesia, ada perlombaan mading, resensi buku dan drama. Sedangkan di bidang bahasa sunda ada pembacaan sajak sunda dan kawih. Dan untuk bahasa inggris melombakan speech atau pidato.

Kepala Sekolah SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung

Abdurahman mengatakan, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan Oktober, dimana sering diperingati sebagai bulan bahasa dan bulan lahirnya sumpah pemuda. Dengan mengangkat tema “Satukan Bangsa dengan Membangun Karakter Pemuda melalui Literasi dan Kompetensi”, Abdurahman berhadap siswanya mampu menjadi pemersatu bangsa lewat bahasa.

“Alhamdulillah respon siswa juga baik, mereka senang, mendukung dan mampu mengekspresikan kemampuan berkreasi mereka dalam kegiatan ini. Mereka juga belajar untuk tampil di depan, guna mengasah mental dan ini termasuk pendidikan karakter juga,” ucap Abdurahman saat ditemui di SMK Kartika XIX-1 Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung.

Dia pun menuturkan, pada zaman sekarang, kemampuan berbahasa menjadi modal utama agar menjadi manusia yang maju dan unggul. “Bahasa adalah kunci di era sekarang, ia dapat memperluas pergaulan. Makanya kita coba motivasi siswa agar memiliki kemampuan berbahasa,” tuturnya.

Selain itu pula, lewat kegiatan ini, ia bisa menemukan bakat yang dimiliki oleh siswanya dalam bidang tersebut. “Ini juga jadi ajang pencarian bakat bagi sekolah. Jadi kita bisa menemukan bibit siswa yang berpotensi. Jadi jika nanti ada ajang perlombaan antar sekolah, kita sudah punya siswa yang berkompetensi di bidangnya,” katanya menambahkan.

Salah satu siswa

Elsa Raysa Agustina mengatakan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Siswi jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini juga menambahkan, menjadi penting bagi siswa untuk mempelajari dan menguasi berbagai macam bahasa.

“Penting banget soalnya bahasa itu jadi sebuah modal untuk tampil di dunia. Kalau kita kuasai semua bahasa, kita ga akan buta,” ucap siswa yang mengikuti perlombaan speech tersebut.

 

Sumber : http://situsiphone.com/