Wandik Diharapkan Bersinergi Dengan Pemkot Bogor

Wandik Diharapkan Bersinergi Dengan Pemkot Bogor

 

Panitia Pemilihan Calon Anggota Dewan Pendidikan

Saat menerima Panitia Pemilihan Calon Anggota Dewan Pendidikan (Wandik) Kota Bogor Masa Bakti 2018-2023, Wali Kota Bogor, Bima Arya berharap para anggota Wandik yang terpilih nantinya bisa bersinergi dengan program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, khususnya di bidang pendidikan.

“Utamanya terkait pembangunan karakter, mencegah bahaya bencana sosial dan penguatan keluarga untuk menguatkan identitas Kota Bogor sebagai kota keluarga. Jadi jangan hanya pendidikan formal, tapi saya juga ingin pendidikan informalnya,” kata Bima di Paseban Punta, Balai Kota Bogor, Rabu (26/12/2018).

Harapan tersebut direspon Ketua Panitia Pemilihan Calon Anggota Wandik Kota Bogor Deden Hari Rahardja. Wandik Kota Bogor senantiasa mencermati terhadap persoalan pendidikan yang terjadi, menarik komponen ataupun unsur-unsurnya untuk selanjutnya dirumuskan menjadi formula alternatif solusi terbaik bagi pendidikan di Kota Bogor.

Focus Group Discussion

Salah satunya melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang pihak terkait walaupun untuk aksinya ada di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor dan kepolisian.

Deden menjelaskan, persiapan yang dilakukan hampir mencapai 100 persen, tinggal pelaksanaannya saja. Untuk tahapan seleksi anggota Wandik dimulai dengan sosialisasi pada 2 hingga 8 Januari 2019, dilanjutkan pendaftaran pada 7 sampai 11 Januari 2019.

Setelah itu akan dilaksanakan seleksi mulai dari administrasi, tes wawancara dan tes tertulis bagi para pendaftar dengan melibatkan beberapa pihak diantaranya Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Kota Bogor Bibin Rubini, Rektor UIKA Bogor Ending Bahrudin, Ketua PGRI Kota Bogor Basuki selaku penguji. “Diharapkan pada akhir Januari 2019 dilaksanakan pelantikan,” katany.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Kota Bogor

Jana Sugiana menyebutkan, sebagai “jembatan” antara masyarakat dengan Pemkot Bogor selaku mitra pemerintah Dewan Pendidikan diharapkan bisa membina, membimbing, mengefektifkan dan mengefisienkan permasalahan pendidikan.

Pemerintah Kota Bogor

“Jika dewan pendidikan dan Pemerintah Kota Bogor sudah menyatu maka masyarakat pendidikan Kota Bogor juga akan ikut. Disamping itu Dewan Pendidikan bisa memperbaiki dan memberi sesuatu bagi kemajuan pendidikan Kota Bogor,” terang Jana.

Dewan Pendidikan

Mengenai program dan kegiatan Dewan Pendidikan yang dititikberatkan pada pembangunan karakter dan penguatan keluarga, Jana mengatakan, Disdik Kota Bogor siap berkoordinasi dan bersinergi untuk mendukungnya agar terwujud.

 

Artikel