Cara Kerja Antivirus

Cara Kerja Antivirus

Cara Kerja Antivirus

Cara Kerja Antivirus
Cara Kerja Antivirus

Kalau anda dengar masalah virus dan anti virus

Pasti sudah tidak asing lagi apalagi dikalangan masyarakat awam, yang jelas virus dari system komputer sangat meresahkan kecuali buat pengguna komputer yang sudah ahli tentunya sudah bisa membedakan mana virus yang berbahaya dan yang mana virus yang dianggap tidak begitu berpengaruh terhadap system operasi. Pada artikel kali ini akan saya bahas masalah virus dan anti virus.

Cara kerja Virus 

Memiliki teknik yang berbeda-beda. Berikut adalah keterangan dari berbagai macam jenis virus dan teknik menyerang yang mereka lakukan terhadap komputer.

 

Virus File

Virus ini biasanya menyerang file-file penting misalnya exe file, dll file, bin file dan file-file yang ada dalam paket aplikasi installer, makannya pada saat file-file tersebut terinfeksi dengan sendirinya aplikasi tersebut sudah tidak bisa dijalankan lagi.

 

Virus Dokumen

Virus ini biasanya menyerang file-file dokumen misalnya doc file, xls file dan file microsoft office lainnya yang sejenis. tandatandanya apabila file tersebut sudah terinfeksi firus ada yang sudah total tidak bisa di buka dan ada yang bisa di buka tapi isinya ga jelas dan bahasanya ga jelas. Tapi pada saat sekarang ini sangat jarang malah hampir ga ada lagi jenis virus yang satu ini.

Virus Duplikasi Virus ini menyerang folder dan bersifat duplikasi pada folder yang sudah terinfeksi dan folder yang aslinya di hiden oleh virus tersebut.

Virus System virus ini menyerang registry windows yang mengakibatkan restart dan semua file dan aplikasi dalam system operasi windows total tidak bisa berfungsi.

Virus Bootsector virus ini menyerang boot sector pada hard disk dan mengakibatkan kehilangan partisi dan lebih parah lagi partisi tersebut di hiden. Tapi kalau belum terlalu parah tinggal di repair boot sector dengan cd windows.

Virus System Memory virus ini menyerang system memory yang mengakibatkan performa PC menjadi menurun malah jadi hang, inilah sebetulnya penyebabkan kerusakan hardisk karena sering di reset dan di matikan langsung dari power.

Nah dari sedikit penjelasan tentang jenis dan cara kerja virus sekarang bagaimana peran si antivirus dalam menanggulangi virus yang sudah menyebar? sebetulnya kalau virus sudah terlebih dahulu menyebar, peran si anti virus tidak terlalu berpengaruh besar jika virus sudah menyerang system windows atau partisi windows. Solusinya install ulang lagi. apabila menginfeksi file dokumen maka virus tersebut bisa di hilangkan cuman, file dokumen tersebut rusak, jadi jalan satu-satunya supaya tidak terinfeksi virus yaitu install ulang jangan dulu install yang lain, install dulu anti virus yang berlisensi dan update sampai sukses.