Mengenal Tentang Lembaga-Lembaga Nobel

Mengenal Tentang Lembaga-Lembaga Nobel

Mengenal Tentang Lembaga-Lembaga Nobel

Mengenal Tentang Lembaga-Lembaga Nobel
Mengenal Tentang Lembaga-Lembaga Nobel

Penghargaan Nobel yang diberikan setiap tahun, sebagaimana yang dikehendaki oleh Alfred Nobel merupakan peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu oleh para ilmuan dunia dan para tokoh dunia. Beberapa lembaga, yang di dalamnya terdapat beberapa ilmuan dan tokoh-tokoh terkenal, telah ditunjuk untuk menentukan pemenang penghargaan Nobel dalam bidang-bidang tertetentu.

Lembaga-lembaga tersebut antara lain:

Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia

(bahasa Swedia: Kungliga Vetenskapsakademien) adalah salah satu dari beberapa Akademi Kerajaan di Swedia. Didirikan pada tahun 1739 oleh Raja Fredrik I, akademi ini adalah sebuah organisasi independen yang bertujuan mempromosikan ilmu, khususnya ilmu alam dan matematika. Komite-komite akademi ini juga merupakan dewan pemilih bagi Penghargaan Nobel dalam bidang fisika, kimia, dan ilmu ekonomi.

Akademi Swedia

(bahasa Swedia: Svenska Akademien), didirikan pada tahun 1786 oleh Raja Gustav III, adalah salah satu Akademi Kerajaan Swedia. Dimodeli menurut Académie française, akademi ini memiliki 18 anggota. Motto akademi ini adalah “Bakat dan Rasa” (“Snille och Smak” dalam bahasa Swedia). Tujuan utama akademi ini adalah “memurnikan, memperkuat, dan mengagungkan bahasa Swedia” (“Svenska Språkets renhet, styrka och hōghet“) (Walshe, 1965). Hingga kini akademi ini berhasil menerbitkan 2 kamus.

Yang pertama adalah kamus 1 jilid berjudul Svenska Akademiens Ordlista (SAOL). Yang ke-2 multijilid, disunting mirip Oxford English Dictionary, berjudul Svenska Akademiens Ordbok (SAOB). SAOL telah mencapai edisi ke-13 saat jilid pertama SAOB terbit tahun 1898 dan pada tahun 2005 kerjanya telah berlanjut ke kata berawalan “T”.

Beberapa orang telah menduduki sebagai sekretaris tetap di lembaga ini diantaranya adalah Horace Engdahl, yang didahului oleh Sture Allén. Sejak tahun 1901 secara tahunan akademi ini telah memutuskan siapa saja yang menjadi penerima Penghargaan Nobel dalam Sastra, dianugerahkan untuk memperingati sang pendonor Alfred Nobel.

Bangunan yang kini dikenal sebagai Bangunan Bursa Efek Stockholm, dibangun untuk kaum borjuis. Lantai bawah digunakan sebagai tempat perdagangan yang kemudian berubah menjadi bursa efek dan lantai atasnya digunakan untuk pesta dansa, malam tahun baru, dan lain lain. Saat akademi itu didirikan, ballroom itu menjadi ruangan terbesar di Stockholm dan bisa dipanaskan sehingga dapat dipakai pada saat musim dingin, Sang Raja pun menyatakan kalau ia bisa meminjamnya. Akademi itu mengadakan pertemuan tahunan di sana, namun tak sampai tahun 1914 akademi itu mendapatkan hak untuk menggunakan lantai atas untuk seterusnya. Di sinilah anggota akademi bertemu, dan di antara bisnis-bisnis lain, para anggota akademi menyampaikan pengumuman nama-nama pemenang Hadiah Nobel.

Komite Nobel Norwegia

(bahasa Norwegia: Den Norske Nobelkomite) menganugerahi Penghargaan Perdamaian Nobelsetiap tahun. Kelima anggotanya diangkat oleh Parlemen Norwegia. Direktur Lembaga Nobel, Profesor Geir Lundestad, menjabat sebagai sekretaris komite ini.

Daftar orang yang pernah dan menjadi anggota Komite Nobel Norwegia

  • Ole Danbolt Mjøs (ketua) (lahir 1939), Profesor dr. med. dan politikus Partai Rakyat Kristen. Anggota dan ketua komite ini sejak 2003.
  • Berge Furre (wakil ketua) (lahir 1937), Profesor dr. theol., bekas anggota parlemen dan pimpinan Partai Kiri Sosialis. Anggota komite sejak 2003, wakil ketua sejak 2003.
  • Sissel Marie Rønbeck (lahir 1950), wakil direktur di Direktorat Warisan Budaya (Riksantikvaren), bekas anggota parlemen dan menteri kabinet Partai Buruh. Anggota komite sejak tahun 1994.
  • Inger-Marie Ytterhorn (lahir 1941), penasihat politik senior grup parlemen Fremskrittspartiet, bekas anggota parlemen. Anggota komite sejak tahun 2000.
  • Kaci Kullmann Five (lahir 1951), bekas anggota parlemen dan Menteri Kabinet untuk Perdagangan, Perkapalan, dan Urusan Eropa untuk Partai Konservatif. Anggota komite sejak 2003.

Lembaga Nobel Norwegia

(bahasa Norwegia: Det Norske Nobelinstitutt) didirikan pada tahun 1904 di Kristiania, Norwegia. Lembaga ini terletak di tengah kota, tepat dekat istana raja. Bangunan ini dibangun pada tahun 1800-an sebagai Stasiun Oslo Vestbanestasjon (Oslo V) yang ditutup pada tahun 1987 dan layanannya dipindahkan ke Oslo Sentralstasjon (Oslo S).

Tugas utama Lembaga Nobel adalah membantu Komite Nobel Norwegia untuk memilih penerima Penghargaan Perdamaian Nobel dan mengorganisasi even tahunan Nobel di Oslo.

Lembaga ini memiliki 180.000 jilid buku yang terkait dengan perdamaian dan hubungan internasional. Lembaga Nobel juga memiliki departemen riset sendiri, mengorganisasi penelitian yang terkait dengan perdamaian dan perang. Departemen ini berbasis pada program beasiswa untuk kunjungan sarjana dari seluruh dunia.

Lembaga Nobel menyusun pertemuan, seminar, dan kuliah di samping menyelenggarakan apa yang disebut sebagai Nobel Symposia, bertukar pandangan dan informasi pada mereka yang diundang dari berbagai negara. Lembaga ini memiliki 5 staf, dikepalai oleh Geir Lundestad, profesor sejarah di Universitetet i Oslo.

Sveriges Riksbank (Bank Nasional Swedia)

adalah bank sentral Swedia dan sering hanya disebut sebagai Bank Swedia. Didirikan pada tahun 1668, ini adalah bank sentral tertua di dunia.

Pada peringatan ulang tahun ke-300 pada tahun 1968, bank ini mulai menganugerahkan Penghargaan Nobel dalam Ekonomi setiap tahunnya. Hadiah ini dibagikan bersama dengan Penghargaan Nobel lainnya setiap tahun pada tanggal 10 Desember pada upacara di Stockholm.

Oleh karena penghargaan ini tidak berdasarkan keinginan Nobel, dan tidak dibayar dengan uangnya serta adanya keputusan untuk tidak menambah penghargaan lainnya “guna mengenang Nobel”, maka secara teknis penghargaan ini bukan Penghargaan Nobel (dan keluarga Nobel sekarang juga tidak menerimanya). Tetapi penghargaan ini diberikan bersamaan dengan penghargaan Nobel.

Pada bulan Februari 1995, penghargaan ekonomi diberi nama penghargaan ilmu sosial, membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik, psikologi, dan sosiologi. Komite penghargaan ekonomi ini juga memasukkan 2 orang non-ekonom, dimana sebelumnya terdiri dari 5 orang ekonom.

 

Baca Artikel Lainnya: