Verifikasi P2WKSS di Kampung Muara Kidul

Verifikasi P2WKSS di Kampung Muara Kidul

 

 

Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita

Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) bukan hanya dimaksudkan untuk pembangunan fisik, tetapi diharapkan munculnya kebiasaan baru, semangat baru dan kultur baru yang positif sehingga ketika tuntas penilaian ada satu nilai positif yang tertinggal yang dapat kita banggakan dan menjadi inspirasi bagi wilayah-wilayah lain. Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya, saat menyambut kedatangan tim verifikasi program terpadu (P2WKSS) Provinsi Jawa Barat di Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa (14/03/17).

Bima memaparkan

P2WKSS menjadikan yang awalnya tiada menjadi ada dan menjadikan yang awalnya pasif menjadi aktif, contohnya, Dasa Wisma. Disamping itu P2WKSS adalah salah satu cara untuk mengukur kolaborasi dan sinergi baik secara  nternal, vertikal maupun dengan warga.  ”Semakin baik kolaborasi dan sinerginya, akan semakin baik pula output dan outcome nya. Dengan kehadirannya akan membangun dan  menguatkan sistem dan tatanan yang ada dimasyarakat, kurang lebih inilah beberapa nilai strategis dari P2WKSS,” jelas Bima.

Pekerjaan Rumah

Banyaknya Pekerjaan Rumah (PR) yang ada di wilayah Kampung Muara Kidul Rt. 3 dan 4 Rw.11 Kelurahan Pasir Jaya menjadi salah satu pertimbangan pemilihan wilayah yang akan diverifikasi. “Tingkat produktifitas warga disini sangat tinggi, sehingga akhirnya kita tetapkan sebagai Kampung KB beberapa bulan silam dan disini pula kita telah mendapatkan bantuan dari pusat terkait Program Penataan Kawasan Kumuh. Jadi sudah  cukup banyak intervensi diwilayah ini,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi

Asisten Ekbang Kesra Edgar Suratman, Kabag Tata Pemerintahan M. Taufik dan Camat Bogor Barat Pupung  W.Purnama. Selain itu juga dihadiri kader TP PKK Kota Bogor sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) Binaan.

Sebelum mengakhiri kegiatan  verifikasi, tim verifikasi melaksanakan pengecekan ke wilayah Kampung Pasir Jaya didampingi tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPMA) Kota Bogor.

 

Artikel terkait ;