Kelompok Formal Dan Informal Dalam Kelompok Sosial

Kelompok formal dan kelompok informal

Kelompok Formal Dan Informal Dalam Kelompok Sosial

 

Kelompok formal dan kelompok informal

Kelompok formal dan kelompok informal

Kelompok formal adalah kelompok-kelompok yang sengaja diciptakan dan didasarkan pada aturan-aturan yang tegas. Aturan-aturan yang dimaksudkan sebagai sarana untuk mengatur hubungan antar anggotanya di dalam setiap usaha mencapai tujuannya. Status-status yang dimiliki oleh anggotanya diatur pula sesuai dengan pembatasan tugas dan wewenangnya. Contohnya adalah instansi pemerintah, perguruan tinggi, dll.

Kelompok informal

Kelompok informal adalah kelompok-kelompok yang terbentuk karena kuantitas pertemuan cukup tinggi dan berulang-ulang. Setiap pertemuan dilakukan atas dasar kepentingan dan pengalaman masing-masing yang relative sama. Dalam kelompok informal terdapat juga klik (qliques), yaitu kelompok yang terikat kuat atas dasar persahabatan atau kepentingan bersama dan mempunyai perasaan kelompok yang sangat kuat.

Membership groupdan Reference group

Menurut Robert K.Merton, bahwa Membership group merupakan kelompok di mana setiap orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut. Mempunyai kepentingan yang sama, dan lain-lain.

Reference group adalah kelompok social yang dijadikan sebagai perbandingan seseorang yang bukan sebagai anggotanya. Secara umum kelompok referensi merupakan kelompok yang menurut pandangan seseorang mengakui, menerima, dan mengidentifikasikan dirinya tanpa harus menjadi anggotanya.

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi mengutip pendapat Robert K.Merton, bahwa ada dua tipe umum dari Reference Group, yaitu:

  1. Tipe normatif (normative type)yang menentukan dasar-dasar bagi kepribadian seseorang. Tipe ini merupakan sumber nilai-nilai bagi individu-individu baik yang menjadi anggota maupun yang bukan anggota kelompok tersebut. Misalnya seorang anggota Angkatan Bersenjata berpegang teguh terhadap tradisi yang telah dipelihara oleh para veteran.
  2. Tipe perbandingan (comparison type)  yang merupakan suatu pegangan bagi individu di dalam menilai kepribadiannya. Tipe ini merupakan perbandingan untuk memberi kedudukan seseorang, misalnya status ekonomi seseorang dibandingkan dengan status ekonomi orang lain yang semasyarakat.

Artikel terkait :