Distribusi pendapatan provinsi sumatera barat

Distribusi pendapatan provinsi sumatera barat

Distribusi pendapatan provinsi sumatera barat

Distribusi pendapatan provinsi sumatera barat
Distribusi pendapatan provinsi sumatera barat

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan distribusi pendapatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat di Propinsi Sumatera Barat. Penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh pendapatan per kapita terhadap distribusi pendapatan dan tingkat kesejahteraan di daerah Propinsi Sumatera Barat.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data PDRB per kapita, pengeluaran rumah tangga, angka harapan hidup, angka kematian bayi dan angka melek huruf. Data bersumber dari BPS dan Bappeda Sumatera Barat serta dari BPS Jakarta (data susenas) dari tahun 1996-2000.

Dari hasil analisis diketahui bahwa tingkat distribusi pendapatan yang menggunakan analisis indeks Gini di Propinsi Sumatera Barat adalah 0,30 yang menunjukkan bahwa pembagian pendapatan yang relatif merata sedangkan indeks Gini terendah adalah Kabupaten Pesisir Selatan yaitu 0,23 dan indeks Gini tertinggi berada pada Kabupaten Padang Pariaman 0,31. Tingkat Kesejahteraan diukur dengan indeks mutu hidup atau indeks PQLI Physical Quality Life Index. Hasil analisis menunjukkan tingkat kesejahteraan di Propinsi Sumatera Barat mempunyai kecenderungan yang meningkat dari tahun ke tahun, yang berarti perkembangan tingkat kesejahteraan yang bertambah tinggi dan terjadinya peningkatan mutu hidup masyarakat. Peningkatan pendapatan per kapita mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap angka harapan hidup, peningkatan pendapatan per kapita akan menurunkan angka kematian bayi dan terhadap distribusi pendapatan pengaruhnya adalah negatif dan signifikan sedangkan pendapatan per kapita tidak perpengaruh pada angka melek huruf.

Sumber : https://merkbagus.id/