Pentingnya Kerja Sama Sekolah dan Keluarga Guna Mencegah Kekerasan

Pentingnya Kerja Sama Sekolah dan Keluarga Guna Mencegah Kekerasan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan, kerja sama antara family dan sekolah urgen untuk menyukseskan edukasi dan menangkal terjadinya tindak kekerasan di sekolah.

Menurutnya, kesepakatan antara pihak guru dan orangtua atau wali murid tersebut dapat dilaksanakan di mula tahun pembelajaran.

“Bikin semacam kontrak belajar ya. Nanti mesti ditandatangani oleh pihak sekolah maupun orangtua soal tadi itu, mana yang boleh mana yang tidak boleh,” terangnya dalam penjelasan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

Dia pun menyarankan, supaya sekolah mengundang orangtua atau wali murid sesudah proses penerimaan peserta didik baru.

“Kemudian diberi keterangan tentang keharusan sekolah, keharusan orangtua maupun hak orangtua. Kemudian keharusan guru maupun hak guru. Sehingga, mana hak guru yang mesti dihargai orangtua dan mana hak orangtua yang mesti dihargai guru tersebut jelas,” tutur Mendikbud.

Muhadjir meyakini, komunikasi baik antara guru dan orangtua pun dapat menangkal terjadinya kekerasan di sekolah. Tujuannya, cerah Muhadjir, supaya tidak terdapat guru, siswa, dan orangtua murid yang dirugikan.

Hal tersebut dia ucapkan usai membuka puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI), di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (7/9/2019).

Di samping itu, Guru Besar Universitas Negeri Malang ini mengimbau, supaya orangtua dapat beraksi lebih bijaksana dalam menyikapi konflik antarsiswa yang terjadi di sekolah.

Oleh sebab itu, imbuhnya, orangtua murid perlu mempunyai pemahaman yang lumayan tentang bagaimana menangani konflik di sekolah.

https://isitup.org/www.pelajaran.co.id