Akibat Sering Mencontek

Akibat Sering Mencontek

Mungkin pada tadinya mencontek ini ia lakukan melulu pada ketika kepepet saja namun lama kelamaan mencontek sudah membudaya pada dirinya dan sulit sekali guna ditinggalkan. Padahal taukah anda apa dampak dari tidak jarang mencontek itu? Berikut ini diuraikan beberapa dampak dari seorang mencontek, yang sebetulnya merugikan loh:

1. Malas Belajar

Karena terbiasa guna mencontek maka tidak terdapat lagi motivasi untuk belajar, sebab dalam pikirannya telah terkonsep bikin apa belajar toh nanti ulangan tetap dapat bagus tanpa mesti belajar.

2. Otak Menjadi Tumpul

Otak anda akan menjadi tumpul, tidak terasah. Hal ini diakibatkan karena kita telah terbiasa guna mencontek (melihat jawaban langsung untuk sumber belajar tersebut) dan tidak dibiasakan beranggapan untuk mengejar jawaban dari suatu permasalahan.

3. Menghalalkan Segala Cara

Orang yang mencontek bakal menghalakan segala teknik untuk menemukan jawaban yang dirasakan benar. Entah tersebut melihat dari buku, googling dari internet, bertanya untuk teman, ataupun menyebutkannya di kertas kecil, dll. Hal ini secara tidak langsung akan menyusun karakter ia menjadi seseorang yang besok di kehidupannya nyatanya di masyarakat menjadi orang yang tamak, egois, dan menghalalkan segala cara.

4. Melatih Ketidakjujuran (Berbohong)

Mencontek mengajar kita guna tidak jujur, yaitu dengan membalas pertanyaan dengan bukan hasil pemikiran anda sendiri. kelaziman tidak jujur ini lama-kelamaan dapat menjadi kelaziman kita dalam kehidupan sehari-hari.

5. Tidak Percaya Diri

Karena telah terbiasa mencontek maka rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapatpun bakal hilang. Kita akan tidak jarang kali ragu dan fobia untuk menjawab.

6. Pengetahuan Menjadi tidak Berkembang

Dikarenakan tidak terbiasa guna berpikir, maka pengetahuan yang anda miliki tidak bakal berkembang melulu sebatas pada apa yang terdapat di kitab yang dijadikan bahan contekan. Padahal andai otak dibiarkan beranggapan maka akan tidak sedikit pengetahuan baru yang dimiliki.

7. Tidak Bertanggung jawab

Mencontek pun melatih diri anda menjadi orang yang tidak bertanggung jawab, ulangan tersebut kan seharusnya anda jawab sendiri bukan justeru melihat pada orang/sumber lain. Hal ini menandakan ketidak amanahan/tidakbertanggung jawab.

Itulah beberapa dampak apabila anda sering mencontek.

https://search.azby.fmworld.net//websearch/search?select=1077&cflg=%8C%9F%8D%F5&htmltype=2&Text=www.pelajaran.co.id