SIP Online, Permudah Orangtua Awasi Aktivitas Anak di Sekolah

SIP Online, Permudah Orangtua Awasi Aktivitas Anak di Sekolah

SIP Online, Permudah Orangtua Awasi Aktivitas Anak di Sekolah

SIP Online, Permudah Orangtua Awasi Aktivitas Anak di Sekolah
SIP Online, Permudah Orangtua Awasi Aktivitas Anak di Sekolah

Persatuan Guru Republik Indonesia Provinsi Jawa Barat (PGRI Jabar) bersama PT Proyek Enam Media

menyosialisasikan aplikasi Sistem Informasi Pendidikan (SIP) Online. Aplikasi SIP Online mampu mempermudah sekolah maupun orangtua peserta didik dalam melakukan monitoring aktivitas di sekolah.
INSTALASI JARINGAN: Tim IT saat melakukan
pemasangan jaringan pendukung SIP Online.

Aplikasi tersebut dibuat dengan berbasis web maupun Android yang memungkinkan pihak sekolah melakukan administrasi terpadu dan terpusat. Selain itu, aplikasi SIP juga mampu memberikan akses informasi yang transparan bagi orangtua, peserta didik, komite sekolah, termasuk departemen pendidikan.

Direktur Enam Media Wawan Hermawan mengatakan, dengan aplikasi SIP orangtua bisa memonitor

kegiatan anak. Mulai dari absensi masuk dan pulang, telat maupun izin serta nilai yang didapat. Sementara untuk pihak sekolah, disediakan juga web monitoring yang berbasis digital.

”Kalau outputnya ke orangtua yang diterima berbentuk aplikasi, kalau di sekolah berbentuk website. Jadi mulai dari laporan nilai, absensi anak, keuangan di sekolah dan ini lebih ke transparansi,” kata Wawan kepada Jabar Ekspres di Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung kemarin (2/7).

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, orangtua siswa hanya perlu mendownload SIP Online

di Playstore secara gratis. Selanjutnya, orangtua tinggal mengisi formulir registrasi yang tersedia agar identitas siswa terdata di aplikasi tersebut.

Dalam menggunakan aplikasi SIP Online, satu orangtua hanya mewakili satu siswa. Namun, jika memiliki dua orang anak berbeda sekolah, maka masing-masing data diri anak tersebut harus teregistrasi.

”Cara meregistrasinya cukup masukkan kode sekolah lalu nompr NIS (Nomor Identitas Siswa) anak. Satu aplikasi bisa lebih dari satu anak, tetapi harus betul-betul anaknya karena kalau misalnya saya punya anak dan masukin anak lain itu gak bisa,” urainya.

Dia juga memastikan, infrastruktur seperti pc server, mesin absensi dan aplikasi di sekolah diberikan secara gratis ke pihak sekolah. Dengan begitu, pihak sekolah tidak perlu lagi pengadaan infrastruktur baru. Untuk informasi lebih lanjut bisa ke www.project6id.co.id. ”PC server, mesin absen dan aplikasi kami berikan gratis dari PT Proyek Enam Media (project6id). Pihak sekolah tinggal pakai saja,” tegasnya

 

Baca Juga :