Tips Mengenali dan Mengembangkan Kecerdasan Anak dengan Tepat

Tips Mengenali dan Mengembangkan Kecerdasan Anak dengan Tepat

Ketika si kecil pandai berdendang namun lambat dalam berhitung, bukan berarti dia bodoh. Ketahuilah Bunda, kepintaran anak tidak saja tentang kepintaran logika matematika atau kepintaran berhitung saja, lho.

Kecerdasan insan terbagi dalam 9 tipe kepintaran yang merangkum seluruh aspek kehidupan. Hal itu diungkapkan oleh Howard Gardner, Ph.D, pakar psikologi dari Amerika Serikat. Lantas, apa saja tipe-tipe kepintaran tersebut? Simak ulasannya inilah ini, ya.

Mengenali dan Mengembangkan 9 Tipe Kecerdasan pada Anak

1. Kecerdasan linguistik
Tipe kepintaran yang sehubungan dengan keterampilan berbahasa pada si kecil. Baik keterampilan berbicara, maupun keterampilan menulis. Kecerdasan ini ditandai dengan si kecil suka menyimak dan menulis, mengetahui yang dia baca atau tulis, fasih mengeja kata, suka berbicara, dan senang memperhatikan cerita.

2. Kecerdasan logika atau matematis
Jika si kecil tertarik dengan angka, menyenangi hitungan, bawel bertanya mengenai segala sesuatu yang berbau sains atau sehubungan dengan logika, dapat jadi dia memiliki kepintaran logika atau matematis.

3. Kecerdasan interpersonal
Anak dengan kepintaran interpersonal ingin lebih suka menyendiri. Namun, bukan berarti dia autisme, ya. Kecerdasan interpersonal menjadikan si kecil tumbuh dengan rasa percaya diri yang tinggi, dapat mengendalikan emosi, memiliki ambisi, dan dapat mengucapkan perasaannya dengan baik.

4. Kecerdasan interpersonal
Tipe kepintaran ini adalahkebalikan dari kepintaran interpersonal. Si kecil lebih suka bermain dengan tidak sedikit orang dan mempunyai empati yang tinggi. Anak yang memiliki kepintaran ini juga ingin suka memimpin.

5. Kecerdasan musikal
Merupakan tipe kepintaran yang paling gampang dikenali. Jika si kecil suka berdendang atau menciptakan gerakan-gerakan laksana memainkan perangkat musik, dapat dipastikan dia memiliki kepintaran musikal.

6. Kecerdasan spasial
Anak dengan kepintaran spasial mengindikasikan minat yang tinggi pada menggambar, mewarnai, mencoret-coret kertas cocok imajinasinya, atau membuat sekian banyak jenis bangunan dari balok susun.

7. Kecerdasan kinetik
Anak dengan kepintaran kinetik, umumnya paling aktif dan berolahraga. Di samping itu, dia pun suka merangkai puzzle atau balok kayu sampai membentuk suatu bangunan. Sediakan mainan balok kayu, lego, puzzle, atau pasir sintetik sebagai sarana dia belajar. Anda pun dapat mengajaknya olahraga atau merangkai lego bersama supaya lebih seru.

8. Kecerdasan naturalis
Si kecil menyukai alam atau menyenangi binatang? Atau, dia pun mempunyai kepedulian yang tinggi pada lingkungan sekitar? Bisa jadi dia memiliki kepintaran naturalis. Mengajak si kecil mendatangi kebun hewan atau sebatas jalan-jalan di alam bebas, adalahsalah satu format dukungan atas kepintaran anak yang satu ini.

9. Kecerdasan Moral
Berkaitan dengan keterampilan si kecil berperilaku cocok dengan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Bentuk dukungan untuk kecerdasan ini ialah dengan mengajaknya bertukar pikiran dan mengumumkan tentang norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Ternyata terdapat bermacam-macam tipe kepintaran anak.

http://www.red-ring.com/rssnewsitem.php?urltodisplay=https://www.pelajaran.co.id