Tanamkan Kebiasaan Membuang Sampah pada Tempatnya Sejak Usia Dini

Tanamkan Kebiasaan Membuang Sampah pada Tempatnya Sejak Usia Dini

Mengelola sampah dengan baik ialah kemampuan dan kelaziman yang penting dipunyai semua orang. Seperti pun hal lainnya, membudayakan seseorang mengerjakan sesuatu bakal lebih gampang jika dibuka sejak umur dini. Karenanya, belajar mengelola sampah dengan baik pun butuh diajarkan sedini mungkin, dibuka dengan membudayakan si Kecil melemparkan sampah pada tempatnya. Yuk Bu, ajarkan si Kecil melemparkan sampah pada lokasinya dengan sejumlah cara praktis inilah ini.

Diskusi mengenai dampak jika kita melemparkan sampah sembarangan
Mendiskusikan terlebih dahulu kenapa perlu dan apa akibatnya andai membuang sampah sembarangan, bakal memberi pemahaman yang lebih dalam pada si Kecil tentang pentingnya melakukan kelaziman baik ini. Diskusi dapat Ibu kerjakan dengan pertolongan buku atau video yang mudah dicerna anak. Ibu juga dapat melakukan praktik langsung dengan mencocokkan daun kering yang didiamkan di halaman dan sampah botol plastik, apa yang terjadi setelah sejumlah hari kemudian.

Ajarkan si Kecil tentang jenis-jenis sampah dan memilahnya
Nah, untuk mempermudah si Kecil yang tepat, ajarkan pula tentang jenis sampah basah dan sampah kering (organik dan anorganik) dan bahwa melemparkan sampah mesti dipisah cocok jenisnya.

Sediakan lokasi sampah yang cocok di rumah
Dengan begitu, Ibu bisa mulai menyuruh si Kecil guna langsung praktik melemparkan sampah di lokasi sampah yang bertolak belakang sesuai jenisnya. Jika telah terbiasa di rumah, pasti si Kecil pun akan melakukannya saat berada di lokasi umum.

Ajarkan teknik tepat melemparkan kemasan bekas
Untuk memudahkan proses pengolahan sampah lainnya, ajarkan si Kecil melemparkan kemasan bekas dengan teknik yang tepat. Misalnya, dengan membasuh kemasan susu kotak, kaleng minuman, botol minuman plastik sebelum lantas diratakan atau diremas dan dibuang.

Biasakan anak guna menyimpan sampah
Maksudnya, bilamana saat hendak membuang sampah tidak mengejar tempat sampah, contohnya saat ia sedang di kendaraan umum, biasakan si Kecil guna menyimpan sampah tersebut sedangkan waktu dan tidak membuangnya sembarangan. Ia dapat melemparkan sampah saat mengejar tempat sampah atau setibanya di rumah.

Baca Juga: