Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru

Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru

Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru

Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru
Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru

Minggu (22/1/2017) pagi, siswa dan siswi Ruang Cerdas melakkukan education field trip (EFT) ke pusat pengaturan lalu lintas udara di Pekanbaru, yaitu Perum LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) atau yang lebih dikenal dengan Airnav Indonesia.

Ruang Cerdas sebagai salah satu bimbingan belajar di Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Lobak, Simp Ardath ini mengusung tagline “When Education Meets Technology” berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi-nya mengenai kemajuan teknologi agar wawasan dan pengetahuan peserta didiknya menjadi lebih global.

Kunjungan siswa-sisw Ruang Cerdas disambut hangat pihak manajemen Airnav di Pekanbaru. “Kami sangat mengapresiasi dan sangat senang jika mendapatkan kunjungan dari anak-anak sekolah seperti ini,” ujar Dwi selaku Junior Manager Airnav Pekanbaru, saat menyambut siswa-siswi Ruang Cerdas.

Kegiatan dimulai dengan memperkenalkan apa itu Airnav dan apa saja tugas yang diembannya. Ternyata kegiatan lalu lintas udara atau kegiatan di Bandar Udara itu secara umum terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian Bandar Udara, Ruang Udara, dan Pesawat Udara.

Nah, khusus bagian Ruang Udara menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh Airnav Indonesia

atau Perum LPPNPI. Mereka akan mengatur lalu lintas udara agar pesawat udara dapat terbang dengan teratur dan tidak saling bentrok dalam jadwal penerbangan.

Jadi itulah tugas inti dari Airnav Indonesia, menjadi penentu atau pengatur lalu lintas udara dalam transportasi udara di seluruh Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, siswa-siswi Ruang Cerdas diberikan materi kelas terlebih dahulu. Materi yang diberikan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Airnav itu sendiri. “Sebelum kita langsung praktik melihat kerja para petugas dalam mengatur lalu lintas udara, kita harus mempelajari dulu mengenai konsep yang ada, agar tidak kebingungan nanti.” tambah Dwi, yang terlihat antusias dan bersemangat memimpin kelas.

Usai materi kelas diberikan, siswa-siswi Ruang Cerdas dibagi menjadi 2 kelompok.

Kelompok tersebut masing-masing mengunjungi ruang radar dan ruang tower tempat dimana kegiatan utama Airnav dilakukan.

Dalam ruang radar, para petugas bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas udara dan pesawat dengan metode “Instrumental”, yaitu menggunakan metode dengan memanfaatkan pemancar radio sebagai alat komunikasi antara pilot dan petugas Airnav untuk saling berkomunikasi agar pesawat udara dapat terbang dengan baik.

Sedangkan untuk petugas didalam tower bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas udara

dan pesawat dengan metode ‘Visual’, yaitu menggunakan metode yang masih dapat dilihat oleh mata langsung dan melalui radio sebagai alat komunikasinya. Tugas dan tanggung jawab Airnav ini sangat mulia, karena mereka harus memastikan lalu lintas udara dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kesalahan sedikitpun. Karena apabila lalai dan terjadi kesalahan, maka kejadian yang fatal dapat terjadi kapanpun. Maka dari itu, fokus dan saling percaya merupakan kunci utama untuk bekerja di Airnav Indonesia.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/pWTd0C8hm8