PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APPOINTMENT PASIEN BERBASIS SMS

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APPOINTMENT PASIEN BERBASIS SMS

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APPOINTMENT PASIEN BERBASIS SMS

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APPOINTMENT PASIEN BERBASIS SMS
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APPOINTMENT PASIEN BERBASIS SMS

IDENTIFIKASI MASALAH

a. Kurangnya informasi terhadap pelayanan pendaftaran pasien dan mengenai jadwal praktek dokter di Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta.
b. Pelayanan pendaftaran pasien dan informasi mengenai jadwal praktek dokter melalui fasilitas SMS ke petugas pendaftran atau ke dokter tidak efektif karena terlalu banyak dan tidak dapat ditindaklanjuti dengan segera.
c. Banyak pasien sulit menghubungi no telepon Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta, karena keterbatasan line telepon yang sibuk dan padat.
d.

ANALISA KELEMAHAN
a. Sistem informasi pelayanan pendaftaran pasien serta pembuatan apointment dengan dokter di Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta, baik secara manual maupun melalui SMS tidak dapat menangani banyaknya pasien, sehingga kinerja pelayanan terhadap proses tersebut tidak maksimal.
b. Kurang baiknya proses pengorganisiran terhadap alat-alat komunikasi yang sudah baik, dalam hal ini masalah SMS, sehingga pasien tidak langsung mendapat informasi yang dibutuhkanya berupa balasan SMS dari petugas pendaftaran. Tetapi jika ingin memperbaiki sistem berbasis SMS ini akan diperlukan biaya yang tidak sedikit.
c. Jaringan komunikasi line telepon didaerah Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta tidak bagus karena maíz terbatas.

ANALISIS KEBUTUHAN
Dari hasil identifikasi dan analisa kelemahan yang sudah dilakukan, maka dibutuhkan statu sistem baru yang dapat mengatasi berbagai masalah tersebut. Salah satunya dengan membuat sistem berbasis web, nantinya Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta akan memiliki website dimana selain berisikan mengenai informasi mengenai kegiatan rumah bersalin tersebut juga dapat melakukan pendaftaran pasien dan melakukan apointment.
a. Kebutuhan Fungsional
• Informasi bagi pasien mengenai jadwal praktek dokter dan jika ingin melakukan apointment dengan dokter serta melakukan penfataran pasien untuk berobat. Serta informasi kegiatan lanilla di Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta.
• Proses login untuk admin (petugas pendaftaran, dokter), jika ingin mengelola data pasien yang mendaftar dan berobat.
• Proses pendaftaran, baik pasien lama maupun pasien yang baru.
• Proses pencarian /searching mengenai jadwal praktek dokter di Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta.
b. Kebutuhan Non Fungsional
• Keamanan sistem berbasis web ini disertai password bagi user admin.
• Kinerja sistem yang baik dan cepat, sehingga pasien dapat langsung terlayani.

ANALISA KELAYAKAN
Untuk memastikan sistem dapat dilanjutkan dan menguntungkan maka sistem harus dievaluasi kelayakannya. Secara ekonomi sistem ini akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi kemungkinan hasil yang diberikan oleh sistem akan banyak membantu dan mempermudah pasien dalam hal pendaftaran dan pembuatan appointment serta pencarian informasi sehingga sistem ini dinilai layak karena lebih banyak memberikan keuntungan bagi Rumah Bersalin dan Balai Pengobatan “Rajawai Citra” Bantul Yogyakarta.

Sumber : https://www.okeynotes.com/blogs/212521/22483/download-link2sd-plus-v-4-3-4-apk-pro